CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Maret 02, 2009

Jerawat??? Don't worry!!!

Yg namanya jerawat pastinya sering bikin Anda senewen, jadi bersyukurlah bagi Anda yg tak pernah memiliki masalah dgn si 'nakal' yg satu ini. Sebenarnya perawatan alamiah thd jerawat sangat dibutuhkan. Perawatan alamiah ini cenderung gag mahal dan efektif bagi beberapa orang.

Ada banyak cara untuk melakukan perawatan alamiah pada msaalah jerawat, dan banyak tersedia di toko-toko. Perawatan semacam ini biasanya berisi ekstrak yg bekerja utk mengeringkan jerawat dan membuat kulit mulus kembali. Sebagian besar dari produk-produk ini berisi vitamin E, minyak anggur, sari bunga calendula, lidah buaya atau essential oil. Sebagai contoh, minyak pohon teh diketahui berkasiat utk jerawat telah ditemukan sejak ratusan tahun silam.

Atur makanan sehat di dapur Anda dgn berbagai macam buah-buahan, sayur mayur dan padi-padian penuh. Makan-makanan yg berisi minyak Omega-3, seperti yg terdapat dlm jenis ikan-ikanan. Minum air putih delapan gelas tiap hari. Konsumsi vitamin A, B, C dan E demikian juga makanan yg mengandung zat besi, karena semua makanan itu berguna utk mengatasi dan mencegah jerawat.


Dan hindari makanan manis-manis, yg digoreng dan kaya lemak (seperti susu, atau produk-produk susu, metega dan segala jenis yg mengandung minyak. Beberapa orang menemukan cokelat, kafein, makanan berkarbohidrat, garam beryodium, kerang-kerangan, produk kacang-kacangan dan susu memperburuk jerawat mereka.


Stress juga jadi masalah populer yg dikaitkan dgn jerawat. Untuk mengatasinya lakukan Yoga, olahraga atau teknik pernafasan lain, pijat dan meditasi. Tapi untuk pijat ini direkomendasikan bagi orang-orang yang mengalami masalah kulit, karena ini dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan mempercepat pemulihan kulit.


Bagi kaum muslimah, cobalah anda lebih berkosentrasi (tuma'ninah) ketika berwudhu, berkomunikasilah dgn Allah di awal mulai wudhu dgn membaca basmalah, setelah itu basuh dgn sempurna dan tidak tergesa gesa dlm membasuh dan mencuci tiap bagian tubuh. Dan jangan sekedar abas (asal basah). Sambil membasuh usap dan pijit bagian bagian itu mulai dari mencuci dua telapak tangan, usap dan pijit tiap ruas jarinya. Berkumurlah dgn sempurna, goyangkan air ke kanan ke kiri senamkan bibir dan pipi Anda. Cuci lobang hidung dgn ujung jari yg terbasahi air dan basuh batang hidung serta pijit pijit sejenak. Basuh seluruh muka dgn kedua telapak tangan terbuka, jangkau dan usap seluruh kulit muka agar bekas make up hilang dan air masuk ke pori pori kulit muka, sambil mengusap tekan dan pijat dgn semua ujung jari dan bagian telapak tangan. Demikian juga lakukan ketika mencuci tangan, mengusap air di kepala, mencuci kuping dan mencuci kaki. Ketika mencuci kuping usahakan setiap lekukan kuping luar dalam kena air dan pijit pijit. Semua bagian yg di basuh dalam wudhu adalah bagian bagian yg bila dilakukan dgn sempurna akan bisa merefleksi tubuh anda. Apalagi kita melakukannya minimal 5 kali dalam sehari. Ini akan memuat anda cantik luar dalam.


Tambahan saat berbelanja kebutuhan kosmetik dan peralatan mandi, pilihlah yg ber-label 'non-comedogenic.' Hindari menggunkan dasaran make-up tebal. Bagi orang yg memiliki masalah jerawat sebaiknya memilih menggunkan produk bedak tabur daripada yg berbentuk krem, karena produk dalam bentuk ini tidak meyebabkan iritasi dan non-comedogenic.


Dan yg terpenting, jangan menusuk, merenggangkan, memencet atau menekan jerawat, terutama yg sudah meradang.


Dari berbagai sumber.

0 comments: