CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Februari 06, 2009

Cinta & Menikah Tanpa Cinta (menurut Islam)

Cinta

cinta seorang laki2 kpd wanita dan cinta wanita kpd laki2 adlh perasaan yg manusiawi yg bersumber dr fitrah yg diciptakan Allah SWT di dlm jiwa manusia, yaitu kecenderungan kpd lawan jenisnya ketika telah mencapai kematangan pikiran & fisiknya. Sebagaimana Firman Allah SWT, yg artinya: "Dan diantara tanda2 kekuasaan-Nya adlh Dia menciptakan untukmu istri2 dr jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pd yg demikian itu benar2 terdapat tanda2 bagi kaum yg berfikir” (QS. Ar Rum: 21) 

Cinta pd dasarnya bukanlah sesuatu yg kotor, karena kekotoran dan kesucian tuh tergantung dr bingkainya. Ada bingkai yg suci dan halal dan ada juga bingkai yg kotor dan haram.  

Cinta adlh Fitrah yg Suci

Cinta bukan hanya sebuah ketertarikan secara fisik ajah. Ketertarikan secara fisik hanya permulaan cinta, bukan puncaknya. Dan sudah fitrah manusia pula utk menyukai keindahan. Tapi disamping keindahan bentuk dan rupa harus disertai keindahan kepribadian dan akhlak yg baik. 

Islam adlh agama fitrah karena itulah islam tidak membelenggu perasaan manusia.Islam tidak mengingkari perasaan cinta yg tumbuh pd diri seorang manusia. Akan tetapi islam mengajarkan pd manusia utk menjaga perasaan cinta itu dr segala kehinaan dan apa ajah yg mengotorinya. 


Menikah Tanpa Cinta 

Adakalanya sebuah pernikahan terjadi tanpa dilandasi oleh cinta. Mereka berpendapat bahwa cinta itu bisa muncul setelah pernikahan. Islam memandang bahwa faktor ketertarikan merupakan faktor yg ga bisa diabaikan begitu ajah. Islam melarang seorang wali menikahkan seorang gadis tanpa persetujuannya dan menghalanginya utk memilih lelaki yg disukainya seperti yg termuat dalam Al Qur'an dan Al Hadist.

Firman Allah SWT, yg artinya: "Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin dg bakal suaminya" (QS. Al Baqarah: 232) 

1 comments:

PUTR@ L@WU mengatakan...

tanah ijo lif,aku dewe yo kaya gtoe.....